Field Trip Juara : Disiplin dan Mandiri Bersama Alam


Field trip
Juara kali berkesempatan untuk mengunjungi salah satu wisata edukatif yang berada di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Lebih tepatnya, Field trip kali ini bertempat di Wisata rekreasi dan edukatif River Walk.

Seminggu sebelum keberangkatan, siswa-siswi SD Juara Semarang terlihat sangat antusias dalam menyambut kegiatan Field trip ini yang merupakan kegiatan tahunan sekolah. Antusiasme terlihat dari tidak sabarnya siswa-siswi untuk segera melaksanakan Field trip ini. Selain itu ada beberapa anak yang hamper setiap hari menghitung kalender di ruang guru untuk mengetahui kurang berapa hari field trip ini akan dilaksanakan.

Sebelum hari keberangkatan, siswa dan siswi Juara di berikan beberapa pengarahan terkait keberlangsungan Field trip. Dari lokasi, perlengkapan yang dibawa, hingga aturan-aturan yang harus di taati oleh setiap peserta field trip.

Kamis, 16 November 2023. Sejak pagi hari sudah siap 3 buah bis yang bertuliskan “SD Juara Goes to River Walk” serta beberapa orang tua siswa siswi Juara yang tiba di titik kumpul untuk pemberangkatan. Antusias orang tua tak kalah dari putra-putrinya, sedari pagi sudah tiba di titik kumpul dan mengabadikank momen keberangkatan putra-putrinya.

Tepat pukul 07.15 WIB, bis berangkat menuju River Walk sesuai dengan jadwal. Perjalanan 1,5 jam tidak terasa bagi peserta karena selama perjalanan peserta sambal mendendangkan lagu yang membuat suasana bis menjadi lebih hidup.

Kegiatan di River Walk dimulai dengan pengarahan singkat dari kakak-kakak Tour Guide dan langsung berkelompok sesuai dengan pembagian yang sudah ada. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Cooking Class, Berkebun, Menangkap Ikan, Memberi Makan Burung, Memberi Makan Ikan, Mengenal Ikan Arapaima, Kucing dan Kelinci. Kegiatan diakhiri dengan kegiatan Berenang. Selama berkegiatan di Riverwalk peserta berkegiatan secara berkelompok dan didamping oleh masing-masing Tour Guide.

Kegiatan berlangsung sangat baik dengan disiplin dan antusias peserta yang sangat luar biasa. Tepat pukul 12.00 WIB peserta sudah banyak yang berganti pakaian setelah berenang. Dilanjutkan dengan Sholat Dhuhur berjamaah yang dipimpin oleh Pak Syakir. Setelah Sholat, semua peserta bersama para bapak ibu guru makan siang bersama di gazebo sambil menikmati free time hingga pukul 13.30 WIB.

Dibarengi dengan hujan yang tidak terlalu deras, kegiatan free time ini dimanfaatkan peserta untuk bercengkrama dengan peserta lain, diselingi canda tawa. Pukul 02.00 WIB rombongan SD Juara sudah meluncur untuk Kembali ke sekolah dan pulang ke rumah masing-masing.

Semoga dengan selesainya kegiatan ini, menjadikan siswa-siswi SD Juara Semarang semakin disiplin, mandiri dalam menjalankan kegiatan sehari-hari dan juga terbentuk sikap mencintai lingkungan dengan cara menjaga lingkungannya.

Kontributor : Husnul Maskarima Febianto

#SDJuaraSemarang #PPDBSekolahJuara #SekolahJuara #SekolahTerbaik #SekolahAlQuran #PendidikanKarakter #SekolahFavorit

 

 



0 Komentar