Tumbuhkan karakter siswa SD Juara melalui dongeng


Cuaca yang syahdu dengan sedikit sinar mentari yang tidak panas, mengiringi siswa SD Juara Semarang melaksanakan kegiatan rutin sholat dhuha dan asma'ul husna bersama di halaman sekolah.

Disambut dengan panggilan  siswa SD Juara yang meriah, "Kak Eka, Kak Eka, Kak Eka". Yaa, hari ini ada kegiatan spesial ramadhan ceria. Dongeng bersama Kak Eka. 

Kegiatan yang berlangsung selama 60 menit itu berjalan tidak terasa oleh siswa, terlihat siswa yang masih semangat diajak berinteraksi bersama Lili,nama boneka yang dibawa oleh Kak Eka.

Kak Eka berkisah tentang seorang anak yang dibisiki oleh syaitan ketika menemukan sebuah dompet berisi uang yang banyak. "Diambil saja, kalau sedikit kan tidak ketahuan", begitu bisikan syaitan kepada anak tersebut. 



Perhelatan antara anak dan syaitan terjadi sangat sengit, membuat siswa yang menyimak kisah tersebut ikut menyemangati anak yang dikisahkan agar tidak mengambil uang tersebut.

Dengan keimanan yang kuat, akhirnya anak ini berhasil menahan dirinya untuk tidak mengambil uang tersebut, dan mengembalikan dompet tersebut kepada pemiliknya yang bernama pak Samsul.

Keberhasilan anak tersebut disambut gembira oleh siswa SD Juara Semarang. Mereka merasa sangat senang. Hal ini juga dirasakan oleh Zubair siswa kelas 2, menurutnya "mengambil uang yang bukan miliknya akan menjadi dosa".



Semoga, kisah tersebut tidak hanya dimengerti dan difahami oleh siswa, lebih dari itu, harapannya bisa tumbuh karakter siswa untuk senantiasa hati-hati tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya.

Kegiatan ramadhan ceria kali ini diakhiri dengan pembagian juz 'amma pada setiap siswa untuk persiapan liburan, harapannya siswa bisa tetap belajar mengaji dan menghafal walaupun berada di rumah.





Kontributor : Syakir M Z


#sdjuarasemarang

#indonesiajuara

#sekolahjuara

#juaraduniaakhirat

#anakjuara

0 Komentar