Sehari Bersama Quran : Sarana Meningkatkan Ibadah Siswa SD Juara Semarang

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 12 April 2023 ini diikiti oleh siswa-siswi SD Juara Semarang, khususnya siswa-siswi kelas 6. 

Kegiatan dimulai dengan pembukaan kegiatan. kegiatan dibuka oleh pak Joko selaku wali kelas 6. kegiatan dibuka tepat pada pukul 10.00 WIB. dimulai dengan bacaan bismillah, dan juga penjelasan tata tertib kegiatan dan juga pemberian reward oleh wali kelas.

Acara selanjutnya adalah murajaah dengan didampingi oleh pak Joko dan pak Husnul. Murajaah menargetkan Alquran Surat Al-Lail hingga An-Naba'. Acara ini berjalan lancar dengan sesekali diselingi tawa dari siswa-siswa yang cukup antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Acara Murajaah ini selesai saat adzan Dhuhur berkumandang. 

Setelah sholat dhuhur peserta diberi waktu istirahat hingga pukul 13.00 WIB yang sebagian peserta gunakan untuk wirid, tadarus dan juga ada beberapa siswa yang tidur. 

Kegiatan kembali berlanjut dengan agenda pembuatan kartu lebaran untuk orang tua. Peserta diminta untuk berkreasi sekreatif mungkin dengan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan oleh masing-masing peserta. "kak cara buat yang bisa naik-naik itu gimana kak ?" tanya salah satu peserta. Dengan didampingi pak Husnul mencoba membuat kartu ucapan dengan tampilan Pop Up, beberapa berhasil menerapkannya beberapa kembali membuat kartu ucapan sederhana.

 

Dilanjutkan dengan agenda nonton bareng Kisah Ashabul Ukhdud. Kisah ini merupakan kisah yang menceritakan tentang orang-orang beriman yang dibakar di dalam parit. Siswa-siswi menonton dengan meringkas jalan cerita dalam catatan masing-masing. Selain ringkasan cerita, peserta juga diminta untuk menuliskan pesan dan pelajaran apa yang didapat dari kisah Ashabul Ukhdud ini.

Suara adzan Ashar menjadi penanda untuk masuk waktu istirahat dan melaksanakan Sholat Ashar. setelah sholat peserta diperbolehkan untuk mandi dan membersihkan diri sebelum melanjutkan agenda kegiatan.

Acara dianjutkan dengan agenda murajaah jama'i yang pelaksanaannya dibajakan secara bergantian yang masing-masing peserta membacakan 10 ayat secara bergantian. Acara yang dipandu oleh pak Syakir ini berjalan lancar dengan memberi sedikit perbaikan-perbaikan mengenai makharojil huruf dan beberapa hukum bacaan. Setelah beberapa putaran bacaan, murajaah dengan target hingga surat An-Naba' dapat diselesaikan. 

Acara disambung dengan pembacaan Al-ma'tsurat yang dipandu oleh pak Joko. Setalah itu ada beberapa pengumuman mengenai reward yang sudah disampaikan diawal kegiatan.

Adapun peserta yang mendapatka reward adalah :

1. Kategori Wirid Terbanyak               : Faqih, Ezio dan Tazkya

2. Kategori Kartu Ucapan Terbaik      : Athaya, Raka dan Nina

3. Kategori Tahfidz Terbaik                : Syahrul, Tio dan Falikha


  

Kegiatan puncak yang ditunggu-tunggu oleh peserta yaitu acara buka bersama. dengan menu yang sudah disiapkan, peserta sangat menikmati dan bersyukur dengan menu buka puasa yang disantap. kegiatan ditutup dangan agenda sholat Magrib berjamaah. 

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan antusias yang luar biasa dari peserta. Semoga kegiatan ini semakin meningkatkan kualitas ibadah peserta khususnya ibadah dengan alquran, "Sehari Bersama Quran, menjadi Selamanya Bersama Quran.

 


 

Kontributor : Husnul Maskarima Febrianto


#indonesiajuara

#sdjuarasemarang

#sekolahjuara

#juaraduniaakhirat

#rumahzakat

0 Komentar