MABIT, lembutkan hati sambut bulan suci



Jumat pekan lalu setelah sepekan siswa berjibaku dengan UKK sore hingga sabtu pagi mereka mengikuti kegiatan MABIT, Malam Bina Iman dan Taqwa. MABIT kali ini hanya diikuti oleh kelas II dan III. Kedepan rencana kegiatan ini akan dilaksanakan setiap sebulan sekali. Tujuannya adalah untuk meng-upgrade spiritual quotient dan skill hafalan qur’an para siswa.


Kegiatan MABIT kemarin dibuka pukul 17.00 oleh Bapak Kepala Sekolah. Sebelumnya dilantunkan tasmi’ qur’an surat Annaziat oleh Difa dan Zayyan, siswa kelas II&III. Setelah sambutan ketua panitia pelaksana, bapak Nuryasin atau pak Yasin menyampaikan tata tertib dan sangsi pelanggaran tatib hingga menjelang magrib.


Selepas magrib siswa membaca wirid alma’tsurat sughra yang dipandu oleh pak Jek. Setelah itu dilanjutkan dengan muroja’ah hafalan secara berkelompok. Tiap kelompok didampingi satu guru hingga adzan isya berkumandang.

Habis isya’ makan malam yang diperoleh dari salah seorang donatur makan siang. Menu malam itu adalah gudangan dengan lauk lele goreng dan tempe, tahu goreng. Semua siswa dengan lahap menyantap menu makan malam.

Setelah kenyang makan malam, siswa mendapat cerita hikmah dengan gaya dongeng yang disampaikan oleh pak Yasin. Mantan mentor di SPA Jogjakarta tersebut berhasil memukau siswa dengan gaya dongeng yang atraktif. 

Acara terakhir di malam itu adalah pemutaran film mukjizat alqur’an yang menggambarkan tentang Husein Thaba Thaba’i anak balita yang hafal qur’an.


Esok harinya, siswa dibangunkan pukul 03.00 untuk mengikuti tafakur alam dan muhasabah hingga subuh. Setelah subuh kembali siswa membaca wirid al ma’tsurat sekaligus penutupan kegiatan. 


Walaupun kegiatan sudah ditutup tapi masih ada acara yang dilaksanakan yaitu senam nusantara dan olahraga bersama. Siswa putra bermain futsal, siswa putri jalan sehat di lingkungan sekitar sekolah. Sebelum pulang siswa menikmati bubur kacang ijo dari keluarga pak Yudi.

Insya Allah juli nanti akan kembali diadakan MABIT yang direncanakan di luar ruangan sekaligus camping.

0 Komentar