Refleksi Proyek P5 Budidaya Lele

Semarang, 14-12-2022. Di semester gasal tahun ini siswa kelas VI SD Juara Semarang bersepakat melakukan budidaya lele sebagai kegiatan pembelajaran proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5).

Sebelumnya siswa melakukan analisa potensi yang ada di lingkungan sekolah. Maka diperoleh ada kolam ikan yang tidak terpakai. Akhirnya disepakati proyek budidaya ikan dengan memanfaatkan kolam ikan yang tidak terpakai di belakang sekolah.

Langkah berikutnya adalah menentukan ikan yang akan dipelihara. Siswa melakukan studi literature mencari ikan yang cocok dengan kondisi lingkungan sekolah. Beberapa siswa melakukan presentasi kelebihan kekurangan ikan. Dari hasil diskusi disepakati untuk budidaya ikan lele.





Kolam pun disiapkan, dibersihkan dan diisi air untuk mengkondisikan siap digunakan budidaya ikan.

Ada orangtua siswa yang bersedia menyumbangkan bibit ikan sehingga tidak perlu membeli. Bahkan lengkap dengan pakan nya. Bibit ikan lele yang ditebar sebanyak 95 ekor.

  




Untuk melakukan perawatan ikan berupa pemberian makan dan mengontrol kolam dilakukan siswa sesuai jadwal tugas piket harian. Begitupun untuk penggantian air atau pengurasan kolam.

Untuk menambah stok pakan siswa sepakat untuk memberikan donasi atau sumbangan sukarela diantara mereka.

 

Setiap dua pekan sekali bersamaan dengan penggantian air, siswa melakukan penghitungan ulang jumlah ikan dan pengukuran panjang badan ikan untuk menganalisa apa yang perlu dilakukan kemudian.

Untuk mengamankan kolam dari gangguan factor luar maka siswa sepakat membuat penutup kolam dan juga membuat poster peringatan.

Penutup kolam dibuat dari bahan bambu bekas yang dirangkai.



Setelah tiga bulan berjalan, tibalah masa panen.

Panen dilakukan bertepatan dengan perayaan ulang tahun sekolah.

Semua siswa terlibat aktif dalam pengolahan ikan lele. Ada yang bertugas memanen, menyembelih, membersihkan, dan menggoreng. Siswa putri diberi tugasi untuk menyiapkan bumbu lele goreng dan melakukan penggorengan.

Hasil olahan ikan lele dibagi ke semua siswa SD Juara Semarang. Hasil proyek kelas VI bisa dinikmati oleh semua warga sekolah termasuk bapak ibu guru.

 

Banyak pelajaran yang bisa diperoleh siswa selama proses budidaya lele, diantaranya; ketrampilan melakukan analisa, ketrampilan menggali ide dan menyampaikannya dengan presentasi, ketrampilan gotong royong atau kerjasama, dan kemampuan teknis memelihara ikan lele. Semua pelajaran tersebut menjadi sarana menguatkan profil pelajar pancasila.

Video Grafi Kegiatan Proyek P5 dapat dilihat di Sini

Pendaftaran PPDB SD Juara Semarang 2023-2024 dapat dilihat di Sini

Kontributor: Joko Kristiyanto (pak Jek), wali kelas VI SD JUARA SEMARANG

1 Komentar

  1. Alhamdulillah ikut bangga dengan Sekolah Unggulan ini yang didukung dengan teknologi digital website sebagai media publikasi dengan budidaya ikan lele. dengan terobosan dan inovasi semacam ini, tentu para siswa akan mendapatkan ilmu dan skill serta pengalaman yang sangat berharga di bidang kewirausahaan sejak dini. Sukses selalu ya kak. tks

    BalasHapus